[ASK]Request Advice untuk Database + Platformnya

[ASK]
Rekan rekan sekalian, saat ini saya ingin membuat server fisik yang dedicated sebagai sebuah server database. rencananya kita akan membuat aplikasi sendiri yang cukup kompleks, menggunakan transaksi, punya fitur-fitur keuangan, human resource, etc (seperti aplikasi ERP), dan berbasis php. nah untuk databasenya akan disimpan di server khusus diatas.saat ini, database lama yang digunakan adalah SQL server, dengan besar filenya sudah sekitar 5GB. nanti SQL server ini akan di migrasi ke server database yang baru. Pertanyaan saya, software database + platform apa yang cocok?
beberapa opsi yang mungkin: 
  • postgresql 90 + freebsd. ini menjadi nominasi karena freebsd punya feature ZFS yang punya performance baik dibandingkan FS lain. 
  • mysql55 (innodb) + freebsd. 
  • postgresql90 + debian 
  • mysql50 (innodb) + debian 
  • ??? 
Jika rekan2 punya kasus yang kurang lebih sama, mohon advicenya untuk pemilihan software database maupun platformnya sekalian. sekalian pengalamannya dalam memanage server database yang recordnya banyak.

[EXPERIENCE]
Ane pake firebird 2.1.3 + centos 5.5 64 bit, udah 5 taun buat aplikasi rumah sakit gak ada masalah yg berarti. udah hampir 70 user koneksi 24 x 7 nonstop. Sekarang pindah kantor pake mysql55 malah lambat. Saya liat trigger dan stored procedure mysql masih kalah bagus ama firebird  (maaf yg pake mysql) Maaf ini cuma pengalaman saya aja yg udah make kedua database tsb.

[EXPERIENCE]

Apa kabar nih? kayaknya dapat proyek besar :P :P *colek bang Achmad*
Untuk SQL server dengan kapasitas 5GB, sepertinya masih cukup "kecil", dalam satu kasus yang pernah saya tangani, satu cabang memiliki data 40 GB.

kabar baik mas, alhamdulilah. ah, project dengan 5GB begini mah project kecil mas...hehehe :-p
btw, ini software databasenya pake apa yah? mysql kah?

tidak cukup hanya 'tester biasa'.

Karena di sini banyak melibatkan urusan non teknis (seperti proyeksi pertumbuhan trafik harus melibatkan orang sales), non programming (bagaimana setup testing environment seperti cluster dan failover, bagaimana cara monitor penggunaan processor, memori, disk i/o, network), dan programming (tuning query, identifikasi bottleneck, perubahan logika program tanpa mengubah fungsi a.k.a refactoring)

Yang tersusah dalam pengalaman saya adalah:
  1. Melatih admin setempat dalam mendiagnosis permasalahan dengan tepat. 
  2. Mengimplementasikan dan mengamati SOP sistem update bagi semua cabang, agar struktur database tetap sama.
ya, saat ini ini juga yang jadi problem, para adminnya windows minded. ngak pernah pake linux sama sekali. hehehehe jadi sekalian ngajarin linux juga jadinya. Jadi, skenario test dan metric apa yang harus dikumpulkan harus didefinisikan di meeting lintas departemen ini. Software tester jelata tidak bisa melakukan ini, dia paling cuma bisa mengeksekusi skenario dan melaporkan hasilnya aja.

Pengetahuan tentang pengalaman orang lain itu perlu, tapi tidak bisa begitu saja digunakan untuk decision making. Tetap harus pengalaman sendiri.

Testingnya bisa pake torture test dengan kasus-kasus spesifik. Gunakan scheduler, buat beberapa procedure untuk running sekaligus. Simulasikan paling tidak 1/3 dari total pegawai akan akses bersamaan
dengan beberapa kasus (simpan, ambil, buang, table view, query kompleks -- dibagi berdasarkan peringkat akses).Lalu dianalisis berdasarkan log dari server (O/S), maupun database.Kemaren kita punya kasus performance anjlok bukan karena server, melainkan karena keterbatasan I/O. (Database antar kabupaten/kota untuk event skala nasional). Jadi lintas data yang harus ditune-up.

tentang IO ya?
iya, saya juga pernah punya pengalaman yang mirip.Bukan di database server sih, tapi di mail server. hehehe
solusinya dulu pake harddisk yang cepat seperti SCSI atau SAS. kalo duitnya lebih banyak, bisa pake Raid10, hehehe

[EXPERIENCE]
Saya punya pengalaman menggunakan firebird 2.1 + XAMPP 1.7.7, database sudah 3 Gb lebih termasuk penyimpanan BLOB IMAGE, pada saat stress test, saya menjalankan perintah "select field1, fieldfoto from Table1 where upper(field1) like upper('%a%') dan menghasilkan hit 27.000 - an lebih data, dieksekusi dalam waktu< 3 detik (!!!) via wifi speed 38.5 Mbps, kalo BLOB-nya nggak ditampilin waktunya< 1 detik Query Firebird gak jauh dari MySQL (saya sempet pake MySQL juga), hanya ada beberapa yang mis komunikasi. Cuma proses instalasinya itu lo... waduuuuhhhhh puyeng bangets... walaupun akhirnya sukses hehehehe

[EXPERIENCE]
Waduh... sry setelah 2 taon baru kebaca... gak tau apa masih bermanfaat...Saya pake Firebird 2.1.5 sekarang, dengan Server Centos 6.5. Database yg saya ceritain itu udah sampe 20 Gb sekarang... execution time nya masih sama... nambah lama dikit si... 1-2 detikan, tapi masih oke. Biang keroknya itu si Ka Oki Muryono, kebeneran senior saya, ngenalin firebird ke saya, ternyata emang asik... saya bisa bikin prosedur sendiri di firebird. mis. Table A + Table B jadi Table C ditambah beberapa field baru, tapi bisa di atur dulu, nilai field nya trus dieksekusinya cuma pake select aja Mungkin sy yang bodo, tp saya gak ketemu yang kayak gitu di mysql. Basic saya di delphi, jadi saya lebih familiar sama procedure dan function, dan cocok sama cara kerja Firebird. Mudah-mudahan masih bermanfaat


0 Response to "[ASK]Request Advice untuk Database + Platformnya"

Posting Komentar