Install UBUNTU along side via USB

[CASE]
Kangmas/Mbakyu, Agan/Aganwati

Aku ada kasus nih. Aku install ubuntu 12.04 LTS via USB. Aku pilih yang along side ....
Info : Komputer sebelumnya pakai OS Windows XP.
2 Hardisk = Yg satu 500 GB aku partisi 100GB (system Windows NTFS), 300GB (Data NTFS), sisanya tidak dipakai dan tidak dipartisi. Yg kedua 250 GB full aku pakai untuk data (format NTFS).
Jika di Windows Explorer : C: 100GB, D: 300GB, E: 250GB

Setelah Boot ubuntu via USB, lalu aku install ubuntu dan aku pilih yang along side. Tidak ada pertanyaan maupun konfirmasi mau format hardisk. Installasi jalan dengan sendirinya sampai selesai.
Satu minggu pakai ubuntu yang baru diinstall + setting kanan kiri, update ubuntu, dll.
Nah sewaktu aku boot pilih pakai OS windows, trataaaaaa....Hardisknya cuma C: 100GB dan D: 300GB.

Kemana hardisk E: 250GB-ku? Cek lagi via Ubuntu Disk Utility. Ternyata instalasinya pakai hardisk keduaku.
Diformat pake Ext.

Waaaaaaaaa, kemana datakuuuuuu?
Tidak ada konfirmasi mau format hardisk, malah hardiskku yang aku pakai untuk data udah jadi Ext, ga NTFS lagi. Pantes ga muncul di Windows.

Bagaimana cara mengembalikan dataku?
Nah rekan-rekan ada yang kasus seperti saya tidak?
Atau mungkin ada cara lain untuk mengembalikan dataku yang di hardisk kedua?
Bisa tidak kalau di Uninstall OS Ubuntunya?

Karena aku yakin pilih Along side pas install.
Dulu pernah install tapi ga kaya gini.

[ANSWER]
Turut berduka atas datanya yang hilang, dan biasanya kalo dipake buat install linux sama seperti deep format (posisi ini agak susah membalikkan data). Dan biasakan instalasi menggunakan manual juga. Untuk member pemula yang lain yang sama seperti saya, biasakan menggunakan fasilitas live os nya dlu baik dari cd/usb untuk membuat partisi yang ingin kita gunakan pada saat instalasi nantinya.
-------------------------------------------------------------------------------------
Mencoba membantu gan,
pengalaman agan pernah terjadi pada ane, waktu itu ane juga salah install, ternyata ane install ubuntu di hardisk external 500gb ane, sempat pusing juga gmana cara mengembalikan data yang mana banyak juga.
Akhirnya saya coba aplikasi getdataback, coba agan cari di google, ane jalanin aplikasi tsb dan alhamdulillah data ane balik semua gan, walaupun masih ada data yg g bisa kebuka juga, tpi secara keseluruhan data balik gan, agan bisa mencoba cara ini.
Untuk install ubuntu / linux memang cara yang aman adalah manual installation, tapi cara ini butuh pengetahuan juga gan. moga membantu gan, salam.
-------------------------------------------------------------------------------------
Jika memasang ubuntu, saya tidak pernah percaya lagi dengan opsi install alongside atau replace xxx with ubuntu. Terakhir ini (versi 14.04), saya pilih replace x with Ubun.Itu, tapi installernya malah menghapus seluruh partisi saya dan membuat satu partisi root untuk ubuntu. Hasilnya tidak bisa diprediksi dan itu sudah berkali2 terjadi.Untuk kedepannya, saya menyarankan opsi manual untuk pilih2 partisinya ketimbang beresiko.

0 Response to "Install UBUNTU along side via USB"

Posting Komentar